1. Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran ?
A. Konsep Produksi adalah salah satu dari konsep tertua dalam bisnis. Konsep produksi menegaskan bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah. Para manejer perusahaan yang berorientasi produksi berkonsentrasi untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi, biaya yang rendah, dan distribusi secara besar-besaran. Mereka mengasumsikan bahwa konsumen terutama tertarik pada ketersediaan produk dan harga yang rendah. Orientasi itu dimaklumi di negara-negara berkembang, dimana konsumen lebih tertarik untuk mendapatkan produk dari pada fiturnya. Orientasi itu juga berguna bila sebuah perusahaan yang ingin memperluas pasar. Konsep ini memiliki kelemahan yaitu produsen menjadi kurang ramah.
B. Konsep Produk menegaskan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan ciri paling bermutu, berkinerja, atau inovatif. Para manajer di organisasi itu memusatkan perhatian untuk menghasilkan produk yang unggul dan meningkatkan kualitasnya sepanjang waktu. Mereka mengasumsikan bahwa para pembeli mengagumi produk-produk yang dibuat dengan baik serta dapat menghargai mutu dan kinerja. Akan tetapi, para manajer itu kadang-kadang terperangkap dalam kecintaan akan produk mereka dan tidak menyadari apa yang dibutuhkan oleh pasar.
C. Konsep Penjualan berkeyakinan bahwa para konsumen dan perusahaan bisnis, jika dibiarkan, tidak akan secara teratur membeli cukup banyak produksi-produksi yang ditawarkan oleh organisasi tertentu. Oleh karena itu, organisasi tersebut harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif. Konsep itu mengasumsikan bahwa para konsumen umumnya menunjukkan kelembaman atau penolakan pembelian sehingga harus dibujik untuk membeli. Konsep itu juga mengasumsikan bhwa perusahaan memiliki banyak sekali alat penjualan dan promosi yang efektif untuk merangsang lebih banyak pembelian. Kebanyakan perusahaan mempraktekkan konsep penjualan ketika mereka mempunyai kapasitas yang berlebih. Tujuan mereka adalah menjual apa yang dihasilkan mereka dan bukannya menghasilkan apa yang diinginkan pasar.
D. Konsep Pemasaran adalah sebuah filosofi bisnis yang menantang tiga orientasi bisnis yang baru saja kita bahas. Konsep ini berkembang sejak tahun 1950 an. Konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasional yang ditetapkan adalah perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang terpilih.
E. Konsep Pemasaran Masyarakat,adalah pemasaran masyarakat menegaskan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat dari pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaing dengan tetap memelihara atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan konsumen. Konsep ini menegaskan pentinya menghindari konflik yang destruktif di dalam masyarakat.
2. Sebutkan dan jelaskan bedanya pasar dan pemasaran !
Pengertian pasar secara umum dan sering dikenal adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pengertian tersebut adalah pengertian pasar tradisional. Pengertian pasar menurut konsep pemasaran berbeda dengan pengertian pasar tradisional sehari-hari. Perbedaan tersebut karena pasar menurut pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran. Oleh karena itu, pengertian pasar bukanlah tempat yang statis. Sedangkan Pengertian pemasaran sering diartikan dengan penjualan. Pengertian pemasaran sebenarnya lebih luas dari kegiatan penjualan. Nahkan sebaliknya, penjualan adalah sebagian dari kegiatan penjualan. Tujuan kegiatan pemasaran bukanlah sederhana dan sepihak (untuk kepuasan konsumen saja). Tetapi tujuan sebenarnya adalah demi kepentingan perusahaan juga. Konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi akan merupakan pelanggan yang menguntungkan perusahaan, dengan kata lain, tujuan perusahaan akan dicapai melalui pencapaian konsumen.
Pengertian pasar secara umum dan sering dikenal adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pengertian tersebut adalah pengertian pasar tradisional. Pengertian pasar menurut konsep pemasaran berbeda dengan pengertian pasar tradisional sehari-hari. Perbedaan tersebut karena pasar menurut pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran. Oleh karena itu, pengertian pasar bukanlah tempat yang statis. Sedangkan Pengertian pemasaran sering diartikan dengan penjualan. Pengertian pemasaran sebenarnya lebih luas dari kegiatan penjualan. Nahkan sebaliknya, penjualan adalah sebagian dari kegiatan penjualan. Tujuan kegiatan pemasaran bukanlah sederhana dan sepihak (untuk kepuasan konsumen saja). Tetapi tujuan sebenarnya adalah demi kepentingan perusahaan juga. Konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi akan merupakan pelanggan yang menguntungkan perusahaan, dengan kata lain, tujuan perusahaan akan dicapai melalui pencapaian konsumen.
3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran !
Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera.
Sedangkan keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.
4. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksudkan dengan Marketing mix ?
Pemasaran keputusan umumnya jatuh ke dalam empat kategori berikut terkendali:
* Produk
* Harga
* Place (distribusi)
* Promosi
Istilah "marketing mix" menjadi populer setelah Neil H. Borden 1964 menerbitkan artikelnya, Konsep Bauran Pemasaran. Borden mulai menggunakan istilah ini dalam pengajaran di tahun 1940-an setelah James Culliton telah menggambarkan manajer pemasaran sebagai "mixer bahan". Bahan dalam bauran pemasaran Borden sudah termasuk perencanaan produk, harga, merek, saluran distribusi, penjualan pribadi, iklan, promosi, kemasan, tampilan, pelayanan, penanganan fisik, dan menemukan fakta dan analisa. E. Jerome McCarthy kemudian dikelompokkan bahan ini ke dalam empat kategori yang saat ini dikenal sebagai 4 P pemasaran.
* Produk
* Harga
* Place (distribusi)
* Promosi
Istilah "marketing mix" menjadi populer setelah Neil H. Borden 1964 menerbitkan artikelnya, Konsep Bauran Pemasaran. Borden mulai menggunakan istilah ini dalam pengajaran di tahun 1940-an setelah James Culliton telah menggambarkan manajer pemasaran sebagai "mixer bahan". Bahan dalam bauran pemasaran Borden sudah termasuk perencanaan produk, harga, merek, saluran distribusi, penjualan pribadi, iklan, promosi, kemasan, tampilan, pelayanan, penanganan fisik, dan menemukan fakta dan analisa. E. Jerome McCarthy kemudian dikelompokkan bahan ini ke dalam empat kategori yang saat ini dikenal sebagai 4 P pemasaran.
Sumber :
http://edwinpatimoeraya.blogspot.com/2010/10/pasar-dan-pemasaran.html http://www.perencanakeuangan.com/files/KebutuhanVSKeinginan.html
http://www.netmba.com/marketing/mix/
http://edwinpatimoeraya.blogspot.com/2010/10/pasar-dan-pemasaran.html http://www.perencanakeuangan.com/files/KebutuhanVSKeinginan.html
http://www.netmba.com/marketing/mix/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar