Kamis, 04 November 2010

tugas 5

1. Sebutkan perbedaan dari Manajemen dan Organisasi ?

2. Mengapa Manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap aktifitas kita ? Jelaskan !

3. Apa yang dimaksud dengan manajer yang efisien dan manajer yang efektif ?

4. Apa yang dimaksud dengan prinsip koordinasi itu dan mengapa prisip tersebut diperlukan ?

5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam dirimu !

JAWABAN
manajemen adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu, dalam arti bagan, organisasi adalah gambaran skematis tentang hubungan kerjasama antara orang-orang yang terdapat dalam suatu badan untuk mencapai suatu tujuan dan dalam arti dinamis, organisasi adalah suatu proses penetapan dan pembaian pekerjaan, pembatasan tugas dan tanggungjawab serta penetapan hubungan antara unsur-unsur organisasi sehingga memungkinkan orang bekerjasama secara efektif untuk mencapai tujuan.

manajemen dibutuhkan oleh kita karna :
elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan dimana ada orang yang bekerja sama di dalam mencapai suatu tujuan disitulah manajemen diperlukan dan dibutuhkan.
adapun fungsi-fungsi manajemen adalah :
Perencanaan (Planning)

Kegiatan seorang manajer adalah menyusun rencana. Menyusun rencana berarti memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Agar dapat membuat rencana secara teratur dan logis, sebelumnya harus ada keputusan terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya
Pengorganisian (Organizing)

Pengorganisasian atau organizing berarti menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antarbagian-bagian satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut.
Pengorganisasian bertujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
Menggerakkan (Actuating)


Menggerakkan atau Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership)
Pengawasan (Controling)

Pengawasan merupakan tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

Manajer yang efisien yaitu seseorang manajer yang mempunyai kemampuan atau dapat mencapai input yang lebih besar daripada outputnya.boleh dikatakan juga bahwa seorang manejer yang efisien yaitu mnajer yang dapat meminimumkan biaya penggunaan sumber daya yang ada untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan.
Manajer yang efektif yaitu seorang manajer yang dapat memilih pekerjaan yang tepat dan metode yang tepat di dalam percapaian tujuan.

Prinsip Koordinasi, organisasi harus memungkinkan koordinasi yang baik dari tiap fungsi agar dicapai efisiensi yang maksimal.

Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi :
Memiliki fisi yang tepat
Bertanggung jawab
Melakukan tindakan yang efektif
Mengembangkan diri
Bisa berinteraksi positif dengan orang lain
Tidak sombong
Ada komitmen untuk sukses


SUMBER :
Abdul Mukhyi Mohammad.1991. Pengantar Manajemen Umum. Jakarta. Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar