Minggu, 08 Januari 2012

Koperasi Pada Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena mampu mengalokasikan sumbaer daya secara optimal. Struktur pasar ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
1.Jumlah produsen /pengusaha/penjual sangat banyak dan volume usahanya hanya merupakan bagian kecil dari volume barang sejenis dipasar.
2.Produk yang diperdagangkan bersifat homogen.
3.Hambatan masuk ke pasar bagi para penjual tidak ada,mereka bebas keluar atau masuk ke dalam pasar.
4.Mobilitas faktor-faktor produksi berjalan secara sempurna.
5.Pembeli dan penjual mempunyai informasi yang lengkap tentang pasar, struktur harga, dan kualitas barang (Mc Eachern,2000)

Implikasi dari ciri-ciri tersebut adalah masing-masing pedagang/penjual tidak bisa menentukan harga, mereka berperan sebagai pengambil harga (price taker). Kurva permintaan yang dihadapi oleh masing-masing penjual berbentuk horizontal sejajar dengan sumbu kuantitas produk (output). Hal ini berarti penjual dapat menjual produk dengan jumlah berapapun pada tingkat harga pasar yang berlaku. Kurva permintaannya juga merupakan kurva penerimaan rata-rata dan juga kurva marginal revenue bagi penjual.


Sumber : Sartika, Tiktik. 2008. “EKONOMI KOPERASI”.Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar